Profil Singkat

Saya bernama lengkap Muhammad Bahrul Ulum, lahir di Jember, Jawa Timur. Saya menghabiskan masa kecil hingga remaja dalam lingkungan pesantren dengan latar belakang keluarga yang memiliki perhatian pada pendidikan dan agama. Pengalaman hidup yang mengalami transisi dari lingkungan pesantren ke dalam lingkungan global memberikan saya pemahaman tentang keberagaman, keterbukaan, perbedaan pendapat, keselarasan dan budaya demokratis.

Setelah menyelesaikan studi Ilmu Hukum dari Universitas Jember pada 2011, saya bekerja di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya. Pada 2013, saya mendapatkan beasiswa dari Indian Council for Cultural Relations (ICCR) untuk melanjutkan studi S2 Hukum (LL.M. International Economic Law) di Osmania University, India. Tesis saya berjudul “Impacts of the European Union as the Member of The World Trade Organization on Legal Personality.”


Selama menjadi mahasiswa, saya aktif dalam berbagai organisasi. Saat S1, saya menjadi pendiri dan Direktur Eksekutif pada Forum Kajian Keilmuan Hukum (FK2H), Unit Kegiatan Mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Jember. Saat S2, saya menjadi Wakil Ketua dan Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) India.

Selain organisasi, saya juga memiliki rekam jejak dalam kejuaraan akademik. Pada 2009, saya meraih Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi. Pada 2010, saya meraih Juara I Lomba Debat Hukum Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia. Pada 2011, saya terpilih menjadi mahasiswa berprestasi Universitas Jember. Pada akhir 2013, saya mendapatkan Ambassador Award for Excellence dari KBRI New Delhi, India.

Saat ini, saya bekerja di Universitas Jember. Selain mengajar pada program studi S1 Ilmu Hukum, saya juga aktif dalam kegiatan penelitian pada the Centre for Human Rights, Multiculturalism, and Migration (CHRM2). Lembaga ini merupakan pusat kajian di bawah naungan Universitas Jember. Dalam pusat kajian dengan cakupan Asia ini, saya menekuni bidang hukum konstitusi, hukum dan masyarakat, hak asasi manusia dan hukum ekonomi internasional, yang semuanya memiliki dimensi Asia.

Sebagai akademisi, saya menjadi pembicara dalam berbagai konferensi nasional dan internasional. Sejak 2017, saya merupakan editor pada Lentera Hukum, jurnal nasional terakreditasi dalam kajian hukum milik Universitas Jember. Sebagai ‘aktivis perjurnalan’, saya juga dipercaya menjadi peer-reviewer pada beberapa jurnal hukum nasional. Pada 2018, saya berkesempatan menjadi peneliti tamu (visiting scholar) pada Graduate School of International Development, Nagoya University, Jepang. Beberapa artikel saya telah diterbitkan dalam jurnal nasional maupun internasional.


Publikasi Ilmiah

  1. Muhammad Bahrul Ulum and Dina Tsalist Wildana, “Promoting the Right to Education through A Card: A Paradox of Indonesia’s Educational Policy?”, Journal of Indonesian Legal Studies, Vol 4 No 1 (2019) | Download
  2. Gautama Budi Arundhati, Muhammad Bahrul Ulum, Rosita Indrayati, “Collective Food Security under the Framework of the ASEAN Community: A Reflection from Indonesia’s Food Policy”, Padjadjaran Journal of Law, Vol 6 No 1 (2019) | Download
  3. Muhammad Bahrul Ulum and Nilna Aliyan Hamida, “Revisiting Liberal Democracy and Asian Values in Contemporary Indonesia”, Constitutional Review, Vol 4 No 1 (2018) | Download

Publikasi lainnya bisa ditemukan di Google Scholar pada tautan ini.


Academic Refbacks
Lentera Hukum (Editorial Board)
CHRM2 Universitas Jember (Research)
Science and Technology Index
Google Scholar
ORCID ID
Microsoft Academic
ResearchGate
Academia.edu
SEPAHAM Indonesia
Semantic Scholar

Zotero