Kedutaan Besar Jepang membuka penawaran beasiswa non-gelar melalui Program Penataran Guru (Teacher Training Program) oleh Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Mereka akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program non-gelar ini lamanya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan belajar bahasa Jepang) dari Oktober 2013.

Persyaratan untuk melamar:
1. Lulusan S-1 atau D-4 dan guru yang mengajar secara aktif di SD, SLTP, SLTA (termasuk sekolah swasta dan SMK).
2. Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal yang terhitung pada tanggal 1 April 2013. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Baerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama dan Perhotelan.
3. Usia di bawah 35 tahun terhitung mulai 1 April 2013.
4. Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil).
5. Bersedia belajar Bahasa Jepang (karena bahasa pengantar pelatihan–di universitas menggunakana Bahasa Jepang).

Keterangan lebih lanjut mengenai program beasiswa ini dan dokumen lamaran dapat diperoleh di Kedutaan Besar Jepang (Bagian Pendidikan: 021-3192-4308 Ext. 175, 176) atau Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Denpasar dan Medan serta Kantor Konsuler Jepang di Makassar. Dokumen lamaran juga dapat diperoleh dengan melakukan download dari situs (website) Kedutaan Besar Jepang dengan alamat http://www.id.emb-japan .go.jp/

Dokumen lamaran harus sudah diterima oleh Kedutaan Besar Jepang (Bagian Pendidikan) sebelum tanggal 25 Januari 2013 (dapat diserahkan secara langsung atau dikirim melalui pos).

GUT LUCK! Selamat Mencoba ya!

.

Tulisan Terkait:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *