West, Barat dan India

Banyak dari kita sering menggunakan istilah barat dan timur. Tak kecuali juga istilah negara barat dan negara timur. Namun, apa sih sebenarnya maksud barat dan negara barat itu? Mungkin di antara kita sering menggunakan istilah west atau barat merujuk pada bangsa Eropa. Atau Amerika? Banyak di antara kita juga sering menemukan literatur bahwa istilah ‘barat’ atau ‘west’ sering merujuk suatu tempat atau wilayah yg identik dengan kemajuan dan kejayaan.

Istilah barat itu sendiri dalam bahasa Indonesia (dan bahasa Melayu) berasal dari bahasa Sanskrit, yaitu ‘bharat’ yang berarti India. Di antara kira sering mendengar pula istilah Mahabharata, yang berarti India Raya atau Great India. Berangkat dari asal kata barat yang kita gunakan sebagai istilah sehari-hari, sekiranya dapat dilihat dengan dua arti.

Pertama, barat adalah arah ujung di mana tempat matahari terbenam yang letaknya hingga barat jauh (India). Kedua, bharat merujuk Negeri India karena kemajuan bangsa tersebut pada abad pertengahan dan sebelumnya. Ini juga didukung bahwa India adalah pusat peradaban kuno di mana kejayaan dan pusat pengembangan ilmu pengetahuan terletak di sana. Hal ini dikuatkan pula oleh bukti sejarah bahwa India adalah negara yang maju berabad-abad lamanya (dari abad sebelum masehi hingga abad masehi) yang akhirnya runtuh pada 200 tahun terakhir.

Mengingat barat berarti India, maka apakah sepenuhnya tepat saat kita menggunakan istilah barat dan negara barat untuk merujuk negara di Eropa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *