China atau India yang Terdepan di 2030?

China vs IndiaPertanyaan mendasar di abad ke-21 yang dikenal dengan Abad Asia ini adalah, negara mana yang akan tampil terdepan sebagai negara paling maju? Beberapa orang berpendapat kemajuan abad asia ini akan memulai masa puncaknya pada tahun 2030.

Beberapa pendapat mengemuka bahwa pada Abad Asia ini, kemajuan negara di Asia juga tidak terlepas dari stabilitas politik, ekonomi dan demografi. Dari analisis tersebut, mengerucut pada dua negara besar di Asia, yaitu China dan India. Pertanyaannya adalah negara mana kah, apakah China atau India yang akan terdepan menjadi raksasa Asia?

India memiliki pertumbuhan ekonomi yang mengesankan pada beberapa dekade terakhir dan pertumbuhan ini tampak akan terus berlanjut. India dengan  populasi lebih dari 1 milyar penduduk yang banyak orang percaya bahwa saat ini potensi ekonomi India yang sebenarnya masih belum digunakan. Namun, pertumbuhan ekonomi China juga telah melesat di depan pertumbuhan ekonomi India, meskipun banyak orang di sisi lain juga menyoroti tentang banyaknya penduduk berusia lanjut dan permasalahan stabilitas negaranya.

Begitu halnya dengan India, pengelolaan ekonomi yang buruk ditengarai sebagai akar hambatan pertumbuhan. Selain itu, persaingan India-Pakistan yang mengemuka juga sangat berkaitan dengan stabilitas jangka panjang di negaranya dan Asia Selatan.

Meskipun dengan berbagai permasalahan masing-masing di kedua negara tersebut saat ini, tetap dengan banyak kemungkinan dan harapan besar memunculkan pertanyaan tentang negara mana pada tahun 2030 nanti yang akan menjadi yang terdepan, China atau India? Untuk selengkapnya silakan simak debat yang mengulas kemungkinan munculnya negara terdepan yang menyokong kekuatan ekonomi Asia di tahun 2030 pada video Bridging Asia: China or India – Who Will be Ahead in 2030? di bawah ini.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=nOnqOP_4hhc&w=640&h=360]

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *