Dari Pembuatan Film Hingga Miniatur Dunia

Minggu lalu saya dan teman-teman berkunjung ke salah satu tempat wisata ternama di India, khususnya di Hyderabad. Tempat wisata tersebut bernama Ramoji Film City atau biasa akrab dengan nama Ramoji. Tempat ini berjarak sekira 30 km dari tempat saya tinggal di area kampus Osmania University.

Tiket masuk di Ramoji adalah 800 Rupees, atau sekitar 150 ribu rupiah. Tarif ini tentu tidaklah begitu mahal untuk ukuran kantong masyarakat Indonesia (tapi yang mahal tiket pesawatnya ya,heee).

ramoji movie

Sedikit penjelasan yang saya ketahui, Ramoji ini dibangun pada tahun 1996, yang di dalamnya merupakan tempat syuting film-film India, khususnya untuk film produksi Tollywood (Bollywood-nya Hyderabad). Ramoji ini diklaim sebagai tempat hiburan yang di dalamnya berisi studio film terluas di dunia. Ramoji juga berisi beragam miniatur dunia, seperti Hollywood, Patung Liberty dan juga bangunan-bangunan bersejarah di India dapat ditemui disini.

hollywood

Saya berkesempatan menonton pembuatan film di tempat ini. Di dalam ruangan seperti auditorium, dijelaskan bagaimana film-film di dunia itu dibuat atau diproduksi. Selengkapnya kalau ingin tahu bagaimana film itu dibuat lihat video di bawah ini.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=bitFiU-DL-c?feature=player_detailpage&w=640&h=360]

Saya ketika di Ramoji ini juga sempat menonton atraksi drama yang diperankan langsung oleh orang-orang India. Juga yang tak kalah menonton light show dari tarian-tarian hingga ada show yang berbau mistis-mistis gitu (sebenarnya yang terakhir tidak ingin, tapi karena satu paket dengan show sebelumnya). hee…

hawa mahal

Gambar di atas adalah ketika berkunjung di Hawa Mahal. Tempatnya cukup indah bukan? Indah saja atau indah banget? heee… Setelah dari Hawa Mahal ini misi berikutnya adalah menuju Japan Garden atau Taman Jepang. Jadi taman ini dimodel semirip mungkin dengan suasana taman-taman di Jepang, seperti gambar di bawah ini.

japan garden

Selanjutnya yang tidak kalah menarik, di tempat wisata ini juga ada miniatur sasana Mahabharata. Tempat ini seolah membawa kita untuk membuat nyata cerita-cerita tentang Mahabharata dan Ramayana.

ramayana

Untuk berkeliling di area yang dengan luas 2000 acre atau 770 ha ini, kita bisa memanfaatkan kereta odong-odong yang disediakan gratis oleh Ramoji. Oh iya, selain biaya pendaftaran 800 rupees tadi, kita tidak akan dikenakan biaya lain-lain untuk menikmati wisata di Ramoji.

Kalau tertarik, monggo main ke Hyderabad.

4 Comments

    1. Arul Muhammad - Site Author May 8, 2014 at 9:15 pm

      Ini di Ramoji Film City, Hyderabad. Silakan, banyak tempat yang wajib di kunjungi di Hyderabad, seperti Golconda Fort, Charminar, Mecca Masjid, Ramoji Film City, Hussainsagar dan Salarjung Museum. 🙂

      Reply
  1. teguh April 12, 2015 at 12:43 pm

    minta rekom guesthouse yg murah dong. insyaallah april th depan mampir ke hyd 2d1n sekalian nunggu pesawat balik. soalnya kalo dari hyd lebih murah daripada DEL atau BOM.

    Reply
    1. Muhammad Bahrul Ulum - Site Author April 15, 2015 at 5:11 am

      Saya menyarankan lodge (penginapan), bisa cari di daerah (di depan) stasiun Secunderabad. Semalam, satu kamar (untuk dua orang) sekitar 400 rupees. Untuk lebih hemat ke bandara, bisa naik bus dari terminal secunderabad (sebelah terminal secunderabad), jurusan Shamsabad Rajiv Gandhi International Airport, tarifnya 35 rupees.

      Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *