Dinginnya Hyderabad di Penghujung Tahun

Mulai seminggu ini Hyderabad mulai terasa dingin. Rasanya dingin tidak sekedar di kulit, tetapi sudah menusuk sampai tulang. Semenjak aku sampai di Hyderabad pada pertengahan bulan Juli lalu, minggu ketiga di bulan Oktober ini adalah yang terasa paling dingin.

Di India, khususnya di Hyderabad, memiliki tiga musim, yaitu musim panas, musim dingin dan musim pertengahan atau monsoon. Musim panas bisa sampai 42ºC yang pada puncaknya antara bulan Maret dan April. Setelah musim panas berlalu, maka berganti dengan musim pertengahan. Musim pertengahan ini seperti yang sudah saya rasakan semenjak bulan Juli, cuacanya bisa seperti di Indonesia. Pada musim ini terjadi sedikit intensitas hujan, matahari bersinar terang namun tidak terasa begitu panas.

Lain halnya dengan musim dingin. Musim dingin biasanya mulai pada bulan November dan puncaknya di bulan Desember. Musim ini yang membuat kita harus sedia jaket dan selimut setiap kali tidur.

Nah, tampaknya musim dingin sudah mulai sejak minggu ini. Setiap hari dan setiap malam hampir selalu hujan yang tiada henti selama 24 jam penuh. Cuaca di dalam dan di luar ruangan, cuaca di siang dan malam hari terasa sama dinginnya.

Musim dingin ternyata juga punya sisi positif daan negatifnya. Sisi positifnya, saya bisa tidur lebih awal dari malam-malam sebelumnya. Selain itu, saya juga tidak harus menggunakan kipas angin yang akan menambah pengeluaran bulanan untuk membayar rekening listrik.

Tetapi, musim dingin juga memiliki sisi negatifnya. Musim ini membuat saya jadi enggan untuk keluar rumah karena perpaduan dingin dan rintik hujan. Selain itu, cucian pakaian yang dijemur tidak kunjung kering lantaran jarang tampak sinar matahari.

Seperti inilah apa yang terjadi dan akan terjadi selama beberapa bulan ke depan di Hyderabad ini. Terhitung sejak minggu ini, saya akan menikmati musim dingin yang lebih ekstrim dari dinginnya di Indonesia. Tapi musim dingin di Hyderabad masih belum seberapa jika dibandingkaan dengan musim dingin di Delhi.

Puncak dingin di India pada bulan Desember. Untuk di Hyderabad sendiri suhu terendah adalah 8ºC. Jadi dengan suhu seperti ini masih terasa cukup stabil, justru terasa sangat segar, meskipun suhu seperti ini cocok dibuat tidur panjang.hee…

Puncak musim dingin di Delhi bisa saampai menembus 1ºC bahkan minus ºC. Kalau di Hyderabad alhamdulillah tidak sampai sedingin di Delhi, namun tentu dinginnya di sini akan jauh terasa lebih dingin daripada di kampung halaman di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *