Panduan Studi di India – Mahasiswa ICCR

Pada saat ingin kuliah di India, setidaknya kita berpikir untuk mencari peluang beasiswa. India setiap tahunnya menawarkan beasiswa dengan 20 kuota penerima Indonesia yang didanai dari Indian Council for Cultural Relations (ICCR).

Setelah kita melamar beasiswa, dari mengirimkan dokumen hingga tes dan interview di Kedutaan atau Konsulat India, kita dipersilahkan menunggu hingga pertengahan tahun untuk pengumuman hasil akhir diterima atau tidaknya untuk mendapatkan beasiswa ini. Sering ada pertanyaan, beasiswa yang diberikan apakah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup kita selama kuliah di India. Terkait cukup dan tidaknya yang pertama tergantung gaya hidup kita dan yang kedua adalah tergantung kota tempat kita tinggal.

Mengenai gaya hidup, setiap orang memiliki gaya hidup yang berbeda-beda. Untuk ukuran standar, beasiswa ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, dan untuk ukuran super irit bahkan beasiswa ini bisa untuk kita tabung. Namun ada juga yang gaya hidupnya cukup tinggi yang harus merogoh kocek pribadi.

Untuk lokasi tempat kita studi, biaya hidup di kota metropolitan jauh lebih tinggi ketimbang biaya di kota lain yang lebih kecil. Apabila bermaksud kuliah atau tinggal di New Delhi, Mumbai dan Bangalore tentu berbeda dalam hal biaya hidup apabila dibandingkan di Locknow, Ahmedabad ataupun Jodhpur. Untuk tinggal Hyderabad, meskipun kota ini sebagai kota terbesar nomor 4 di India tampaknya biaya hidup masih relatif murah apabila dibandingkan dengan Bangalore, New Delhi dan Mumbai.

Untuk hal itu kakak-kakak di Hyderabad mempersembahkan sebuah buku bagi para calon pelajar Indonesia yang hendak studi di India. Buku ini memuat tentang pedoman dari pertama kali melamar beasiswa ICCR hingga kita selama tinggal di India. Selengkapanya bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang studi di India dan khususnya bagi mereka yang akan studi dengan beasiswa ICCR, silakan klik tautan ini.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *