Penilaian the Myers-Briggs Type Indicator atau yang biasa disingkat MBTI adalah sebuah metode kuesioner psikometri yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis tentang bagaimana orang memahami kehidupan dan bagaimana mereka membuat keputusan. Preferensi tersebut diekstrapolasi melalui teori tipologi yang digagas oleh Carl Gustav Jung dan untuk kali pertama diterbitkan dalam buku 1921-nya berjudul, “Psychological Types” (edisi bahasa Inggris, 1923). Jung dalam teorinya mengatakan bahwa ada empat fungsi psikologis utama yang kitatemui di dunia, yaitu: Sensation, Intuition, Feeling dan Thinking. Satu dari empat fungsi ini seringkali dominan pada setiap manusia.

Empat Dikotomi
Terdapat empat pasang preferensi atau dikotomi yang digunakan dalam penilaian MBTI, yang dapat ditunjukkan dalam tabel di samping.

Istilah yang digunakan untuk setiap dikotomi memiliki makna teknis tertentu yang berkaitan dengan MBTI yang berbeda dai apa yang digunakan sehari-hari mereka. Misalnya, orang yang lebih suka ‘judgement’ atas ‘perception’ tidak selalu lebih bersifat menghakimi atau kurang tanggap. Perlu dicatat pula bahwa MBTI bukan merupakan instrumen untuk mengukur bakat, melainkan hanya sebagai instrumen untuk menunjukkan preferensi antara satu dengan yang lainnya. Seseorang yang mendapatkan skor tinggi dalam ‘extraversion’ atas  ‘introversion’ tidak bisa digambarkan dengan tepat sebagai yang lebih extravertion, intinya mereka hanya akan memiliki preferensi yang jelas atas penilaian dari metode ini.

Skor titik pada setiap dikotomi dapat bervariasi, baik antara satu orang dengan orang lain, bahkan di antara mereka dengan jenis yang sama. Namun, Isabel Myers berpendapat bahwa arah preferensi (misalnya, E vs I) lebih penting daripada tingkat preferensi (misalnya, very clear vs slight).

Terdapat 16 jenis personalitas dalam MBTI ini, yaitu ISTJ, ISFJ, INFJ, INTJ, ISTP, ISFP, INFP, INTP, ESTP, ESFP, ENFP, ENTP, ESTJ, ESFJ, ENFJ, ENTJ, atau selengkapnya digambarkan dalam diagram di samping:

Secara singkat, masing-masing personalitas di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:

ISTJ
Orang yang bertipe ISTJ adalah tenang, serius, sukses karena ketelitian dan kehandalannya. Mereka praktis, realistis dan bertanggung jawab. Mereka memiliki keputusan logis mengenai apa yang harus dilakukan dan mampu bekerja secara terus-menerus, tanpa gangguan. Mereka senang membuat segalanya tertib dan teratur, seperti pekerjaan, rumah dan hidup mereka. Nilai tradisi dan loyalitas.

ISFJ
Orang bertipe ini memiliki sifat tenang, ramah, bertanggung jawab, dan teliti. Mereka berkomitmen dan kukuh dalam memenuhi kewajibannya, telaten, dan akurat. Selain itu, mereka loyal, perhatian, perhatian dan mampu mengingat secara spesifik tentang orang-orang yang penting bagi mereka, terkait dengan perasaan orang lain. Mereka berupaya menciptakan lingkungan yang tertib dan harmonis, baik di tempat kerja maupun di rumah.

INFJ
Mereka adalah pencari makna dan koneksi dalam ide-ide, hubungan, dan kepemilikan benda. Mereka ingin memahami apa yang memotivasi orang dan berwawasan tentang orang lain. Meeka teliti dan berkomitmen untuk nilai-nilai perusahaan mereka. Selain itu mereka memiliki kemampuan mengembangkan visi yang jelas tentang bagaimana cara terbaik dalam melayani kepentingan umum yang terorganisir dan tegas.

INTJ
Orang bertipe ini memiliki pemikiran yang orisinil dan dorongan yang kuat untuk menerapkan ide-idenya dalam mencapai tujuan mereka. Mereka cepat melihat pola dalam peristiwa eksternal dan mampu mengembangkan perspektif jangka panjang yang jelas. Jika berkomitmen, mereka terlebih dahulu mengorganisir pekerjaan dan melaksanakannya. Selain skeptis dan mandiri, mereka memiliki standar kemampuan dan kinerja yang tinggi–untuk diri mereka sendiri dan orang lain.

ISTP
Mereka toleran, fleksibel, pengamat yang tenang hingga masalah muncul, kemudian baru bertindak cepat untuk menemukan solusi yang terbaik. Mereka menganalisis apa yang membuat sesuatu dapat bekerja dan mudah mendapatkannya melalui sejumlah besar data untuk memisahkan inti permasalahan praktis. Mereka tertarik pada sebab dan akibat, mengatur fakta menggunakan prinsip logis dan efisien.

ISFP
IFSP adalah tenang, ramah, sensitif dan baik. Mereka menikmati kehidupan yang sedang dijalaninya, dan apa yang terjadi di sekitar mereka. Mereka ingin memiliki ruang bagi mereka sendiri dan bekerja dalam kerangka waktu mereka sendiri. Mereka loyal dan berkomitmen untuk kebutuhan mereka dan orang-orang yang penting bagi mereka. Tipe ini tidak suka perselisihan dan konflik, tidak memaksakan pendapat atau nilai-nilai yang diyakininya pada orang lain .

INFP
Tipe ini idealis, setia sesuai kadar mereka dan setia kepada orang-orang yang penting bagi mereka. Mereka ingin kehidupan yang terjadi di luar sebangun dengan nilai-nilai mereka. Mereka suka penasaran, cepat dalam melihat kemungkinan, dapat menjadi katalisator dalam penerapan ide-ide. Selain berusaha memahami orang dan membantunya untuk mencapai potensi orang lain, meeka juga mudah beradaptasi, fleksibel dan menerima kecuali ketika merasa terancam .

INTP
Orang yang bertipe INTP berusaha mengembangkan penjelasan secara logis mengenai segala sesuatu yang menarik bagi mereka. Tipe ini teoritis dan abstrak, lebih tertarik pada ide-ide yang muncul dari interaksi sosial. Selain itu, paa INTP tenang, fleksibel dan mudah beradaptasi. Mereka memiliki kemampuan yang luar biasa dengan berfokus secara mendalam dalam memecahkan masalah di bidang minat mereka. Mereka skeptis, terkadang kritis dan selalu analitis.

ESTP
Orang bertipe ini fleksibel dan toleran. Mereka mengambil pendekatan yang cukup pragmatis dan berfokus pada hasil segera tercapai. Teori dan penjelasan konseptual membuat mereka bosan–mereka ingin bertindak penuh semangat untuk memecahkan masalah. Tipe ini memiliki fokus pada apa yang ada di sampingnya dan apa yang terjadi saat ini, spontan, menikmati setiap peristiwa yang menjadikan mereka dapat aktif dengan orang lain. Mereka menikmati kenyamanan materi dan gaya hidup. Mereka belajar melalui tindakan.

ESFP
Tipe ini ramah, menerima, pecinta riangnya kehidupan, dan mengejar kenyamanan materi. Mereka menikmati pekerjaan bersama orang lain untuk sesuatu hal yang besar. Mereka betindak berdasarkan sehat dan pendekatan realistis untuk pekerjaannya dan membuat pekerjaannya menjadi menyenangkan. Selain spontan dan mudah beradaptasi, belajar terbaik bagi mereka adalah mencoba keterampilan baru bersama orang lain.

ENFP
Tipe ENFP adalah sangat antusias dan imajinatif. Mereka melihat kehidupan dengan penuh kemungkinan. Mereka cenderung menghubungkan antara peristiwa dan informasi yang sangat cepat dan percaya diri dalam bertindak berdasarkan pola yang mereka lihat. Mereka menginginkan banyak penjelasan orang lain, dan siap memberikan apresiasi dan dukungan. Selain spontan dan fleksibel, mereka sering bekerja berdasarkan pada kemampuan mereka untuk melakukan improvisasi dan dan berpijak pada kefasihan lisan.

ENTP
Orang bertipe ENTP adalah sosok yang cepat, cerdas, bergairah, waspada dan blak-blakan. Mereka cerdik dalam memecahkan masalah baru dan dan menantang dan pandai membaca orang lain. Mereka terampil dalam menghasilkan peluang konseptual dan kemudian menganalisanya secara strategis. Mereka bosan dengan rutinitas, jarang melakukan hal yang sama dengan cara yang sama dan cenderung beralih pada satu tujuan yang dianggap baru.

ESTJ
Sosok ESTJ adalah orang yang praktis, realistis, mendasarkan pada fakta, tegas dan cepat bergerak untuk melaksanakan keputusan. Mereka mengatur rencana dan orang dalam meraih sesuatu dan fokus mengejark hasil dengan cara seefisien mungkin. Mereka memperhatikan rincian secara detail dan memiliki seperangkat standar logika yang jelas serta dengan sistematis mereka mengikuti dirinya dan ingin orang juga turut mengikuti apa yang mereka lakukan. Orang dengan tipe ini teguh dalam melaksanakan rencananya.

ESFJ
Orang bertipe ini hangat, teliti dan kooperatif. Mereka menginginkan keharmonisan dalam lingkungannya dan bekerja dengan tekad untuk membangun. Mereka ingin bekerja dengan orang lain untuk menyelesaikan tugas secara akurat dan tepat waktu, loyal, perhatian tehadap apa yang orang lain butuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan mencoba untuk memberikan yang terbaik itu. Mereka ingin dihargai; untuk siapa mereka dan untuk apa kontribusi mereka.

ENFJ
Orang yang bertipe ENFJ hangat, empati, responsif dan bertanggung jawab. Mereka sangat selaras dengan emosi, kebutuhan, dan motivasi orang lain. Mereka mencari potensi setiap orang dan ingin membantu orang lain untuk mencapai (mewujudkan) potensi mereka. Tipe ini dapat bertindak sebagai katalisator pertumbuhan baik individu maupun kelompok. Mereka loyal dan responsif terhadap pujian dan kritik. Selain itu, mereka ‘sociable’, suka memberikan fasilitas orang lain dalam kelompok dan memberikan inspirasi kepemimpinan.

ENTJ
Orang bertipe ENTJ adalah sosok yang jujur, tegas dan menganggap siap dalam kepemimpinan. Mereka cepat melihat prosedur dan kebijakan yang tidak logis dan tidak efisien, mengembangkan dan menerapkan sistem yang komprehensif dalam memecahkan masalah organisasi. Mereka menetapkan tujuan dan menikmati perencanaan jangka panjang. Biasanya mereka berpengetahuan luas, banyak membaca, suka memperluas pengetahuan dan saling berbagi dengan yang lain. Orang bertipe ENTJ kuat dalam menyajikan ide-idenya.


Bagi yang ingin mengetahui indikator kepribadian masing-masing dari ke-16 tipe di atas, dapat klik disini atau disini. Kalian juga bisa download pada tautan ini.

.

Sumber:
1. http://www.myersbriggs.org
2. http://en.wikipedia.org/wiki/Myers-Briggs_Type_Indicator

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *